Rabu, 04 November 2015

Rectify Season 3 Episode 1 : Sebuah Review




Kebetulan saya membuka website Indovision, dan saya pun tertarik dengan salah satu quiz-nya. Quiz tersebut adalah Blogger Series Review Contest. Untuk kali ini yang wajib di-review adalah serial Rectify, yang tayang di Sundance (channel 23). Jujur saya sama sekali belum pernah menonton serial ini, karena saya tidak berlangganan channel Sundance. Tapi, apa salahnya untuk mencoba. Tidak kenal, maka tidak sayang kan kata orang.
Maka mulailah saya melakukan riset kecil-kecilan. Saya mulai membuka Youtube dan searching tentang serial Rectify ini. Ternyata tidak sedikit orang yang telah me-review serial ini. Hanya saja, memang review yang tersedia kebanyakan berbahasa Inggris. Mungkin memang serial ini belum cukup populer di Indonesia.
Dari hasil searching, saya pun mengetahui gambaran besar dari alur serial Rectify. Serial ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Daniel Holden (Aden Young). Daniel ini divonis 19 tahun perjara dan juga hukuman mati, karena telah memperkosa dan membunuh kekasihnya. Episode-episode awal, banyak mengisahkan kehidupan Daniel dalam penjara. Namun, pada suatu waktu sebuah bukti baru ditemukan. DNA yang ditemukan di lokasi kejadian ternyata bukanlah milik Daniel. Maka atas bukti tersebut, Daniel dibebaskan dari penjara. Disinilah episode-episode berikutnya menjadi konflik kehidupan Daniel. Sebagai seseorang yang telah menghabiskan separuh hidupnya dipenjara, hidup diluar penjara tidaklah mudah. Diawali dari penolakan beberapa anggota keluarganya.
Adapun tokoh-tokoh pendukung kehidupan Daniel dalam serial ini, antara lain ibu kandung, Janet (J. Smith-Cameron), ayah tiri, Teddy senior atau Ted Sr. (Bruce McKinnon), saudara tiri, Teddy junior atau Ted Jr. (Clayne Crawford) serta istrinya, Tawney (Adelaide Clemens). Ada pula adik kandung, Amantha (Abigail Spencer), dan adik bungsu, Jared (Jake Austin Walker). Tokoh pendukung diluar keluarga, ada pengacara yang menuntut Daniel, Roland Foulkes (Michael O’Neill), yang sedang berjuang menuju kursi Senator, dan ada pula Jon (Luke Kirby), pengacara baru Daniel yang memiliki hubungan khusus dengan Amantha.
Dari beberapa review, rata-rata menilai kalau Rectify memiliki alur yang lamban. Hal yang sama juga saya rasakan saat menonton season 3 episode 1. Dengan dialog minim dan cederung patah-patah, memang membuat alur ceritanya berjalan begitu pelan. Pada satu episode tersebut hampir tidak banyak yang bisa di-review. Namun, mungkin ini justru yang membuat penggemarnya jadi perasaran. Atau disisi lain, alur yang lambat ini justru bisa menjadi kelemahan. Alur lamban tanpa dibumbui konflik-konflik yang tepat, cenderung akan membosankan.
Rectify season 3 episode 1, diawali percakapan antara sheriff dengan Ted Jr. didepan mesin makanan ringan. Sheriff memberitahu Ted Jr. kalau Daniel akan dibebaskan. Demikian putusan pengadilan yang juga disepakati oleh Jaksa Wilayah. Atas keputusan tersebut, Daniel sudah dapat meninggalkan kota dalam sebulan. Ted Jr. terlihat kesal mendengarnya. Dia masih belum menerima kalau istrinya, Tawney, pernah berhubungan dengan Daniel.
Diceritakan pula Teddy Jr. yang sedang bermasalah dengan Tawney. Masalah keguguran yang dialaminya cukup mengguncang Tawney. Belum lagi, masalah kedekatannya dengan Daniel yang telah diketahui oleh sang suami. Ditengah berbagai masalah ini, Tawney memilih untuk meninggalkan rumah. Selama kepergiannya, Tawney tinggal bersama Beth dan suaminya, Mitch. Pada suatu adegan, Beth bercerita kalau dirinya pernah mengalami dua kali keguguran. Dia kemudian mengikuti terapi perkawinan. Beth menyarankan Tawney untuk mengikuti cara yang sama. Tawney menyampaikan hal ini kepada Ted Jr. melalui telpon. Sekalian memberitahu keberadaannya saat ini. Ted Jr. mengatakan akan mempertimbangkannya, karena pada dasarnya dia ingin hubungan mereka kembali baik. Awalnya, Ted Jr. ingin merahasiakan masalah dengan istrinya ini kepada keluarga. Namun, kedatangan Janet kerumah untuk menjenguk Tawney, mengungkap segalanya.
Adegan lain yang cukup menonjol adalah makan malam. Pada awalnya hanya ada Ted Sr., Janet dan Daniel di meja makan. Anggota keluarga lain tidak ikut bergabung. Mereka masih belum bisa menerima kehadiran Daniel. Kemudian, muncullah Ted Jr. bergabung. Terjadi percakapan canggung antara mereka. Adegan ini sampai pada puncaknya, ketika terjadi percakapan empat mata antara Ted Jr. dan Daniel. Ted Jr. masih mempermasalahkan hubungan Daniel dan istrinya. Bahkan Ted Jr. mengancam akan memprosesnya secara hukum. Sedangkan Daniel meyakinkan kalau tidak pernah ada apa-apa diantara mereka.
Merasa tidak diterima oleh keluarga ibunya, Daniel pergi kerumah Amantha. Disana dia meminta ijin menginap, sampai waktunya dia boleh meninggalkan kota. Sang adik menerima kedatangan Daniel. Pada dasarnya, memang hanya Amantha yang percaya kalau Daniel tidak bersalah.
Adegan-adegan itulah yang jadi inti cerita Rectify season 3 episode 1. Selain adegan itu, ada beberapa adegan tambahan, seperti percakapan antara Amantha dengan Jos, si pengacara. Lalu ada adegan penemuan mayat tanpa identitas, percakapan antara Jaksa Wilayah dengan senator Roland, dan permasalahan status Amantha ditempat kerja. Sebagai adegan tambahan, tentunya diperlukan penjelasan lebih lanjut pada episode-episode berikutnya. Rectify season 3 episode 1, ini ditutup dengan adegan Senator Roland di kedai makan. Tiba-tiba saja dia terkena stroke ringan. Entah apa sebabnya, sepertinya kita perlu menonton episode selanjutnya.
Seperti telah saya sebutkan diawal. Rectify adalah serial dengan alur yang sangat lambat dan datar. Dialog antar tokoh yang terjadi pun tidak banyak. Bagi anda penggemar serial bergendre drama konvensional, sepertinya Rectify akan menarik untuk diikuti. Namun, apabila anda pencinta serial dengan alur yang berkebalikan, maka Rectify mungkin cenderung akan membuat anda bosan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar