Minggu, 05 Juni 2016

Spanyol Lagi... Spanyol Lagi...


Garbine Muguruza

Lagu kebangsaan Spanyol kembali berkumandang. Kali ini di ajang Final tunggal putri Grand Slam Prancis Terbuka, alias Roland Garros 2016. Petenis putri asal Spanyol, Garbine Muguruza, keluar sebagai pemenang. Petenis cantik ini mengalahkan Serena William dalam dua set, dengan skor 7-5, 6-4. Spanyol kembali menunjukkan kedigdayaannya di dunia olah raga.
Awalnya saya tidak tahu kalau Muguruza berasal Spanyol. Saya hanya penikmat kecantikan para petenis putri di ajang Roland Garros, dimana Muguruza salah satunya. Jujur saya semula tidak begitu mengenal siapa petenis cantik ini. Ya mungkin karena dia sedikit tertutupi oleh ketenaran petenis putri lainnya, seperti Maria Sharapova, Agnieszka Radwanska, Ana Ivanovic, ataupun Caroline Wozniacki. Paling tidak itu di mata saya, sebagai penikmat tenis awam. Pertandingan Muguruza di babak-babak awal memang pernah saya tonton, namun secara sekilas saja. Saat dia memenangi final, barulah saya tertarik mengenal sosoknya.
Muguruza lahir di Caracas, Venezuela, 8 Oktober 1993. Lalu bersama keluarganya pindah ke Spanyol pada tahun 1999. Ayahnya warga negara Spanyol, sedangkan Ibunya Venezuela. Karena itu saya tidaklah heran, kalau paras cantiknya adalah paduan dari Eropa dan Amerika Latin, yang terkenal eksotis. Dan satu lagi yang saya suka dari parasnya, yaitu dua lesung pipitnya setiap kali dia tersenyum. Benar-benar manis sekali. Soal prestasi, ternyata Muguruza pernah masuk Final Wimbledon tahun 2015. Sayangnya, waktu itu dia kalah dari Serena William. Maka bisa dibilang kalau Final Roland Garros 2016, adalah ‘pembalasan’ yang sempurna.
Kembali ke soal lagu kebangsaan Spanyol. Harus diakui kalau Spanyol teramat sangat sukses membangun ‘kerajaan’ olah raganya. Kini Spanyol hampir memiliki juara di setiap cabang olah raga dunia. Paling tidak yang saya tahu, dari beberapa cabang olah raga favorit yang saya tonton. Sebut saja Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di MotoGP, Sebastian Vettel dan Fernando Alonso di Formula 1, Carolina Marin di Bulutangkis, Rafael Nadal di Tenis putra dan kini ada Garbine Muguruza di Tenis putri. Prestasi ini belum termasuk yang tercetak di cabang Sepakbola. Klub-klub Sepakbola asal Spanyol mendominasi Eropa di musim 2015-2016. Real Madrid menjuarai Liga Champion dan Sevilla menjuarai Liga Eropa. Catatan hebat ini kian lengkap bila ditambah prestasi Timnas Sepakbola Spanyol. Mereka menciptakan rekor menjuarai Piala Eropa tahun 2008, Piala Dunia tahun 2010, dan Piala Eropa tahun 2012. Saking seringnya saya mendengar lagu kebangsaan Spanyol, alunan musiknya bahkan sampai begitu melekat di otak saya.
Khusus untuk cabang Sepakbola. Prestasi Spanyol tidak hanya berlaku untuk atlet-atletnya saja. Deretan nama besar pelatih dengan prestasi hebat, juga didominasi oleh Spanyol. Sebut saja Rafa Benitez bersama Liverpool, Pep Guardiola bersama Barcelona dan Munchen, serta Vicente del Bosque bersama Real Madrid dan Timnas Spanyol, dan yang lainnya. Itu baru nama-nama yang saya kenal, mengingat minimnya pengetahuan saya.
Terkadang saya merasa iri dengan Spanyol, sambil iseng bertanya “Kapankah lagu kebangsaan Indonesia akan bisa setenar itu?” Harus diakui, kalau kualitas dunia olahraga Indonesia masih sangat jauh bila dibandingkan Spanyol. Di level dunia, paling hanya cabang Bulutangkis saja yang bisa berbicara banyak. Itu pun kondisinya saat ini sedang kembang kempis, walau prospek pemain-pemain mudanya kini cukup menjanjikan. Lalu bagaimana cabang olahraga lainnya? Ya begitulah... Masih terlalu banyak persoalan yang musti diperbaiki. Masih terlalu banyak benang kusut yang harus diluruskan. Sepertinya Indonesia butuh belajar banyak dari prestasi olahraga Spanyol. Bagaimana mereka bisa begitu sukses mendominasi di berbagai cabang olahraga dunia. Bagaimana cara mereka mengelola dunia olahraga mereka. Bagaimana mereka bisa menjamin kehidupan yang layak untuk atlet-atlet mereka di masa tua. Bagaimana mereka bisa menyediakan sarana prasarana olahraga bertaraf internasional.
Untuk sekarang mari kita nikmati saja alunan indah lagu kebangsaan Spanyol. Sambil berharap suatu saat nanti lagu kebangsaan Indonesia akan bisa berprestasi yang sama. Hiduplah Indonesa Raya! Dan ucapan selamat saya untuk Garbine Muguruza!
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar